the hands free

Thursday, January 16, 2014

Starter Bermasalah ?

Saya belum pernah mengalami masalah mobil mogok karena sulit distarer, dan semoga tidak perlu, tapi buat nambah-nambahin pengetahuan kalau mungkin setiap saat dibutuhkan, tidak ada salahnya saya siapin "contekan"nya ...
 
Tenaga Starter lemah,
dan mesin tidak mau menyala.

Pada saat kunci diputar untuk men-starter mesin, mesin menyala kalem-kalem tapi tidak mau menyala, ini mengindikasikan bahwa accu tidak cukup terisi. Jika anda bisa menjangkau accu, atau bisa minta bantuan seseorang untuk membantu men-jamper accu, anda mungkin masih bisa men-starter untuk menyalakan mesin.

Masalah seperti ini biasanya disebabkan oleh beberapa hal berikut :
  1. Ada masalah di alternator, maksudnya, accu anda tidak cukup terisi ketika mesin anda masih menyala atau selama anda berkendara.
  2. Ada masalah dengan accu-nya sehingga tidak mampu menahan simpanan daya listrik lebih lama
  3. Accu kehilangan dayanya, karena dipakainya daya accu ketika kendaraan sedang parkir

Battery booster 400A, untuk jumper starter
Pertolongan pertamanya, anda bisa gunakan Battery Booster atau Battery Charger. Jika keduanya tidak tersedia, anda bisa gunakan kabel jumper dan meminjam accu kendaraan lain asal kapasitas accu-nya minimal setara. Perhatikan prosedur pen-jumper-an ini jika anda belum pernah melakukannya pada kendaraan-kendaraan ber-komputer.

Itulah tadi beberapa hal yang sangat mungkin menyebabkan accu terkuras dayanya, dan harus dilihat apa masalahnya yang menjadi penyebab masalah itu. Kalau sudah begitu, anda harus memeriksakan keadaan mobil anda pada teknisi kelistrikan mobil untuk menentukan dibangian mana yang butuh penggantian. Jika anda bisa menggunakan voltmeter, cobalah periksa voltase pada terminal accu untuk mengukur voltase output dari alternator. Jika pada voltmeter terbaca 13.8V atau lebih, maka alternator masih dalam keadaan bagus dan tidak membutuhkan penggantian.

Masalah yang jarang terjadi yang ditunjukkan dengan gejala yang sama adalah sambungan ground yang kurang bagus antara mesin dan bodi kendaraan, sebagian bisa hilang pada mesin, sebagian bisa di kopling, atau bahkan diantara keduanya.

Sebelum membeli accu yang baru, cobalah tes dulu accu yang lama di bengkel atau di toko-toko spare-part. Disana ada perlengkapan-perlengkapan khusus untuk pengetesan accu yang mana tidak cukup hanya dilakukan dengan sebuah voltmeter. Kalau accu dan altenator keadaanya masih bagus, ini pastilah ada yang menyebabkan accu habis padahal mobil sedang tidak digunakan. Memang untuk hal ini dibutuhkan seorang teknisi kelistrikan mobil untuk mendiagnosa permasalahannya.


Tenaga Starter kuat,
tapi mesin tidak mau menyala.

Ini menandakan bahwa bahan bakar tidak mencapai mesin pada saat kunci starter diputar. Sama masalahnya kalau anda kehabisan bahan bakar, atau ada masalah dengan sistem pembakaran, misalnya tidak ada busi untuk menyalakan pembakaran (mesin bensin). Mesin diesel tidak menggunakan busi, jadi masalahnya yang paling bisa diperkirakan adalah masalah yang berhubungan dengan bahan bakar.

Bahan bakar menipis, menyebabkan endapan terhisap
Yang pertama kali harus dilakukan adalah memeriksa persediaan bahan bakar, kalau bahan bakarnya mencukupi, maka kemungkinannya adalah bahan bakar tidak mengalir lancar menuju ke mesin. Ini bisa jadi disebabkan karena hambatan yang terjadi pada filter bahan bakarnya, terutama jika kendaraan sangat sering digunakan, atau mungkin juga karena persediaan bahan bakar di tangki seringkali dibiarkan tinggal sedikit yang akibatnya menarik endapan-endapan yang terdapat di dasar tangki masuk ke dalam sistem bahan bakar.

Menilik apakah businya bekerja dan bahan bakarnya bisa mencapai mesin bisa dengan cara melonggarkan injektor dan memeriksa busi, tapi ini sudah diluar dari pertolongan pertama, anda membutuhkan buku petunjuk khusus untuk mengetahui prosedurnya dan cara mendiagnosanya.

Tidak bersuara apa-apa ketika kunci diputar

Kalau terjadi yang seperti ini, yang pertama kali perlu diperiksa sudah pasti accu nya, apakah cukup punya daya atau tidak. Lalu periksa juga apakah ada peralatan elektroniknya bisa dinyalakan ? Seperti misalnya lampu kabin, head-unit, atau lampu depan ? JIka lampu depan menyala tapi tidak terlalu terang, maka accu dalam keadaan kurang tenaga, disini anda membutuhkan charger untuk mengisi ulang accu-nya. Selain itu bisa dicoba juga dengan menyambungkan battery booster, atau jumper dengan accu lain.

Periksa juga untuk memastikan terminal-terminal accu tidak dalam keadaan kendor. Tapi mesti diperhatikan, jangan menggunakan perlengkapan metal yang tidak terlindungi untuk menghindari korstleting pada saat mengencangkan terminal accu. Accu bisa meledak !
Dan bagaimanapun caranya anda bisa men-starter kembali kendaraan, anda tetap harus menemukan masalahnya sebelum terulang lagi masalahnya.

Jika pada saat anda memutar kunci starter, sementara tidak ada lampu menyala di dashboard, juga tidak ada perlengkapan elektronik lain yang sedang menyala, maka kemungkinannya accu sudah kehilangan tenaganya sama sekali, sehingga perlu di-charge dan perlu diperhatikan lagi lebih mendalam.

Jika semua perlengkapan elektronik baik-baik saja, dan accu juga punya banyak tenaga, maka yang paling mungkin menjadi penyebabnya adalah kerusakan pada motor starter-nya. Ini adalah komponen mesin yang pertama kali berputar dan menyebabkan mesin mulai bekerja. Cobalah periksa perkabelan motor starternya, apakah masih berada di tempatnya dan keadaannya masih bagus, dan juga tidak ada sambungan yang kendor atau rusak, sehingga menghambat bekerjanya motor starter. Kalau perkabelannya baik-baik saja, maka sepertinya anda membutuhkan motor starter baru supaya kendaraan anda bisa kembali dijalankan. Diluar itu, masalah ini juga bisa disebabkan oleh alarm atau immobilizer selain masalah motor starter, ini dibutuhkan spesialis untuk memeriksanya.

"Starter gejlekan"..:D
Kendaraan yang motor starternya bermasalah, masih bisa dijalankan dengan cara "starter gejlekan", ini adalah proses untuk mencoba menghidupkan mesin dengan cara memacu putaran pada mesinnya. Dan biasanya, pada waktu didorong, pedal kopling diinjak, dan persneling pada gigi 2, kunci kontak pada posisi ON. Lalu lepas pedal kopling pelan-pelan ketika mobil bergerak. Mesin akan segera menyala dan bisa dikendarai, asal cukup bahan bakarnya dan accu dalam keadaan sehat. Meski begitu, kemungkinan anda harus mendorong lagi untuk menyalakan mesin setelah mesin dimatikan. Dan jangan lupa, "starter gejlekan" ini hanya bisa untuk mobil bertransmisi manual.

Bunyi klik-klik-klik pada saat distarter,
tapi mesin tidak menyala.

Bunyi klik-klik-klik yang anda dengar itu adalah bunyi dari motor starter. Motor starter tidak mampu untuk memutar mesin, kemungkinan besar motor starter nya bermasalah, atau accu nya yang tidak cukup bertenaga. Penanganannya sama persis dengan pembahasan diatas. 

Sulit distarter ketika mesin dingin

Posisi glow plug pada mesin diesel
Ada beberapa penyebab mengapa mobil sulit distarter pada saat mesin dingin, apalagi pada saat musim dingin. Kalau anda menggunakan mobil diesel, anda tinggal memperhatikan indikator "glow plug" menyala beberapa saat baru setelah itu distarter. Jika indikator menunjukkan ada masalah dengan "glow plug", ini biasanya terjadi pada "glow plug" yang sudah lama digunakan, maka "glow plug" harus diganti, karena kemampuannya memanaskan sudah berkurang.

Pada mobil bensin, sulitnya distarter pada saat mesin dingin sangat dimungkinkan oleh kurangnya tenaga pada accu. Di cuaca musim dingin, penggunaan kelistrikan mobil biasanya lebih besar dibanding cuaca normal. Begitupun juga dengan proses pengisiannya, menjadi lebih lambat. Ini akan menyebabkan menurunnya kemampuan accu menyimpan daya, biasanya ini terjadi pada accu yang sudah lama dipakai.

Selain itu, kelembaban yang disebabkan oleh cuaca dingin juga mempengaruhi kondisi bahan bakar bensin terutama dibagian pembakarannya. Termasuk juga mempengaruhi businya, apalagi pada busi yang sudah terpakai lama. Pada mobil-mobil baru, kondisi-kondisi ini biasanya dimonitor dan dikontrol oleh berbagai sensor dan ditampilkan sebagai indikator di dashboard. Jika indikator pada dashboard menampilkan informasi ada masalah, sangat disarankan untuk menghubungi spesialisnya.

Sulit distarter pada saat mesin panas

Asal bahan bakar mencukupi, accu sehat, dan motor starter nya bagus, maka yang seperti ini biasanya bisa terjadi pada mobil bermesin injeksi. Kemungkinannya ada masalah pada "engine sensor" nya. Penyebabnya karena bahan bakar yang disalurkan dengan tekanan yang rendah sehingga alirannya pada tingkat panas yang dibutuhkan tidak menghasilkan proses pengabutan, jadi bukan bermasalah pada pengabutan bahan bakarnya.

Hal lain yang bisa dipertimbangkan sebagai penyebab kesulitan distarter pada saat mesin panas pada mesin-mesin injeksi, baik bensin maupun diesel, adalah "engine timing". Jika "engine timing" atau sensor-sensornya bermasalah, atau salah setting, mobil bisa saja distarter pada saat mesin dingin, tapi sulit distarter pada saat mesin panas. Kalau sudah menyangkut soal setting seperti ini, mesin harus didiagnosa oleh spesialisnya.

Mesin menyala sebentar kemudian mati

Untuk masalah yang seperti ini, bisa dianggap accu, alternator, dan motor starter tidak bermasalah, karena sudah jelas bekerja normal. Tapi tetap tidak mudah menentukan masalahnya pada mobil-mobil yang menggunakan banyak sensor.

Mesin mati secara tiba-tiba seperti ini sangat dimungkinan oleh masalah bahan bakar, dan biasanya diakibatkan oelh ketidak-stabilan supply bahan bakar menuju injektor. Disini, pertama-tama anda harus periksa di sekitar filter bahan bakarnya. Tapi ini juga bisa terjadi karena rendahnya tekanan bahan bakar, yang disebabkan adanya masalah di regulator bahan bakar atau sensor-sensor yang memberikan sinyal untuk menghambat tekanan bahan bakar. Anda bisa memeriksa pompa bahan bakarnya, dengan mendengarkan suaranya dengungan ketika kunci kontak di-On-kan (bukan distarter). Lalu anda bisa periksa juga keadaan sekring-sekring yang berhubungan dengan mesin apakah masih dalam keadaan bagus atau perlu diganti.

Lalu, kalau pada mesin bensin, ada kemungkinan masalah dengan busi nya, bisa jadi businya kendor, atau melemah, atau bahkan sudah aus, sehingga tidak mampu menyulut bahan bakar.

Di mobil-mobil yang sudah ber-ECU, biasanya akan menginformasikan masalah sebagai indikator error. Anda tinggal mencocokkan dengan buku manual sehubungan dengan "error code" yang ditampilkan.


Kunci dgn RFID dan immobilizer
Yang terakhir ... ada kemungkinan immobilizer mobil anda masih aktif sebagai bagian dari sistem pengamanannya, coba periksa indikator-indikator di dashboard jika mungkin anda lupa me-non-aktifkan immobilizer-nya, atau mungkin ada masalah dengan immobilizer. Kalau masalah nya immobilizer, anda mungkin perlu buka lagi buku manual atau berkonsultasi dengan "call assistant".


Note :
Sebagai peringatan dini jika mobil bermasalah, ada bagusnya kalau menggunakan bantuan engine diagnostic, sebagai sarana menampilkan status engine sehingga bisa menghindarkan timbulnya masalah di jalan. Resepnya klik disini aja .. 



Sumber-sumber :
First Aid for Your Car, Carl Collins
The Dangers of Boosting a Car Battery, Joanne Will
Chevrolet Spin User Manual, GMI
Justanswer.com
Densoheavyduty.com

No comments: