the hands free

Thursday, November 13, 2014

Arti Warna Indikator di Speedometer / Dashboard

Warna-warni lampu-lampu indikator yang terpampang di dashboard atau speedometer mobil memang kelihatannya meriah, menjadikan penampilan dashboard exited dan tidak membosankan.
Tapi sebenarnya, bukan itu tujuannya, warna-warni lampu indikator itu sama sekali tidak dirancang untuk memenuhi aspek estetika sebuah dashboard. Warna-warni lampu indikator itu dibuat sedemikian rupa untuk memenuhi aspek yang yang lebih teknis, yaitu aspek ergonomi, dimana indikator-indikator itu harus mudah dibaca dan diinterpretasikan oleh pengemudi mengenai informasi yang sedang ditunjukkan, dalam durasi yang sangat cepat.

Namun demikian, apabila anda menjumpai adanya lampu-lampu indikator yang tiba-tiba menyala ataupun berkedip-kedip, maka sangat dianjurkan untuk TIDAK PANIK, tetaplah percaya diri, dan tidak perlu tergesa-gesa.

Speedometer Chevrolet Spin Diesel


Arti warna-warna lampu indikator.

Ada tiga kelompok warna lampu indikator yang dibedakan berdasarkan "tingkat kepentingan"nya.
  • Merah
Dalam banyak hal, warna MERAH sering kali dipakai sebagai indikasi adanya potensi masalah serius atau masalah-masalah yang berhubungan dengan keselamatan. Warna MERAH juga digunakan sebagai indikator yang merupakan peringatan penting. Dan jika indikator MERAH ini berkedip-kedip, dan biasanya ditambah nada alarm, maka itu sudah menandakan kenaikan tingkat bahayanya menjadi "sangat genting". Anda harus menghentikan kendaraan dan segera menghubungi service center.
  • Kuning atau Orange
Warna KUNING atau ORANGE, menandakan adanya beberapa bagian yang sangat segera membutuhkan tindakan penanganan atau mungkin perawatan atau mungkin juga perbaikan. Dalam keadaan ini, mobil masih bisa dioperasikan dengan normal, meskipun dengan sedikit gangguan. Tapi kalau kemudian indikator-indikator itu "kedip-kedip", jangan tunda-tunda lagi untuk segera bertindak.
  • Hijau atau Biru
Simbol-simbol yang berwarna HIJAU atau BIRU, adalah untuk memberi tanda, bahwa sistem atau komponen yang ditunjukkan oleh warna tersebut sedang dioperasikan atau sedang dijalankan.

Sekarang coba perhatikan kembali speedometer anda, cocokkan dengan buku manual dan pastikan anda memahami makna indikator-indikator yang ditampilkan.

-dz-

Sumber : http://dashboardsymbols.com/

No comments: