the hands free

Tuesday, February 25, 2014

Memperbaiki Cat Mobil yang Tergores (dalam)


Goresan-goresan, serpihan, dan macam-macam cacat pada bodi mobil bukanlah hal yang mudah dihindari, namun dengan perbaikan yang hati-hati semua 'cacat' yang demikian itu hampir bisa ditutupi dengan sempurna. Berikut ini caranya memperbaiki cat pada mobil anda kalau terjadi goresan yang lebih dalam dari sekedar goresan di permukaan.  

Dalam kenyataan sehari-hari, sulit dihindari adanya banyak penyebab di sekitar kita yang bisa meninggalkan goresan-goresan pada cat mobil kita. Ada anak-anak yang bermain bahkan menyandarkan sepeda di mobil, belum lagi hewan piaraan yang kadang mencaka-cakar. Dan bukan hanya disebabkan oleh orang lain, bahkan kadang kita sendiripun bisa menggoreskan kunci mobil ke bodi.
Melakukan cat ulang bukanlah jalan keluar yang murah untuk memperbaiki goresan-goresan, tapi memperbaiki sebagian panelnya juga bukan pilihan yang tepat karena tampilan cat yang baru akan berbeda dengan tampilan cat yang sudah ada, malah akan jadi lucu kelihatannya.

Tapi untungnya, beberapa kerusakan kecil pada cat mobil seperti itu masih bisa diperbaiki dengan mudah dengan melakukan retouch. Sedikit pekerjaan yang membutuhkan kecermatan dan kehati-hatian mungkin bisa menyembunyikan kerusakan-kerusakan itu dengan sempurna.


Menentukan Kondisi yang Tepat

Sebelum anda keluarkan perlengkapan retouch, coba perhatikan dulu bagaimana kerusakan cat yang sedang anda hadapi. Jika itu masih kelihatannya ada lapisan putih tipis, mungkin goresan itu belum menembus lapisan cat yang terluar dan masih bisa ditangani dengan cara 'stip pensil'.

Tapi jika yang kelihatan itu warna body-nya atau kelihatan metalnya, ini adalah goresan yang lebih dalam. Lepas dari masalah itu, jangan pernah melakukan perbaikan cat kalau temperatur disekitar anda tidak nyaman. Karena cat akan sulit menempel, pengeringannya kurang bagus atau memudar kilapnya.Temperatur yang ideal untuk memproses perbaikan cat ini sebaiknya antara 20°C sampai dengan 30°C. Cari tempat yang terlindung dari hembusan angin dan sinar matahari langsung. Lebih baik lagi kalau di dalam ruangan, atau di carport yang paling sedikit ada atapnya. Kelembapan relatifnya kurang lebih 60 persen, atau sekitar itu. Campuran yang digunakan untuk mengeringkan cat akan membuat permukaan panel menjadi dingin pada saat dikeringkan, dan bisa menyebabkan terjadinya kondensasi dipermukaan panel. Dan tentunya, akan menurunkan kualitas hasilnya.

Anatomi Goresan Cat

EZY Touch Up
Kalau bukan mobil yang usianya lebih dari 20 tahun, atau mobil yang pernah dicat ulang, hampir bisa dipartikan menggunakan cat enamel katalis berlapis bening. Yang permukaannya dikeraskan dengan bahan kimia tertentu, dimana cat ini akan cepat stabil dalam beberapa jam setelah proses dipabriknya.

Sementara itu, cat yang mau kita aplikasikan, apakah itu cat dasar, warna, ataupun cat lapisan transparan, semuanya adalah cair. Bahan cat yang cair bisa mengering karena dicampur larutan yang bisa menguap, dan meninggalkan bahan-bahan padatnya. Mungkin cat ini akan terasa keras dan bisa diamplas dalam beberapa saat setelah disemprotkan, tapi dia juga akan terus munyusut sampai benar-benar kering. Biarkan cat mengering kira-kira semalem, biarkan cat menyusut sebelum ditambahkan lapisan cat berikutnya. Kalau anda butuh beberapa lapisan untuk menutupi cacat pada cat, yang paling bagus adalah mengerjakan satu lapisan per hari. Dan supaya lebih aman, pastikan tempat yang anda gunakan memproses punya ventilasi yang baik.

Kode Warna

Paul Wright
Seharusnya, di mobil anda ada informasi mengenai code warna yang digunakan, kebanyakan kode warna ini tercantum pada barcode VIN. Tapi kalau anda tidak menemukan informasi ini di mobil anda, bisa anda hubungi call center atau customer service mobil anda.

Selain dengan cara tersebut, anda juga bisa mencoba menemukan sendiri dengan mengunjungi expresspaint.com.
Contohnya seperti dibawah ini, menunjukkan titik-titik lokasi dimana bisa kemungkinannya kode warna dicantumkan.


 

Memperbaiki Baret pada lapisan Transparan

Merce Iglesias
Kasus seperti ini tergolong kasus ringan, artinya, baret tidak sampai mengelupaskan lapisan warna aslinya atau warna aslinya masih nampak. Disini anda mungkin hanya membutuhkan sedikit spray pada lapisan transparannya, ditambah dengan sedikit kompon untuk membersihkan sisa-sisa proses penambahan lapisannya serta meratakannya.

 

 

 

Langkah 1

Chad Hunt
Bersihkan terlebih dahulu permukaannya dari kotoran yang ada. Anda juga menggunakan solasi kertas yang ditempelkan di sekitar permukaan yang tergores, apalagi kalau yang anda perbaiki itu adalah komponen yang berwarna chrome. Lakukan pembersihan dengan menggunakan kompon yang dituangkan pada lap halus atau lap microfibre atau pad khusus untuk menggosok permukaan.

 

 

Langkah 2

chad hunt
Poleslah di area yang tergores itu lalu bersihkan dengan lap kering. Kemudian periksa, apakah sudah bersih dari kotoran yang menempel ? Kalau belum, proses kompon bisa diulangi lagi. Kalem-kalem saja menggosok komponnya, supaya tidak lapisan transparan nya tidak ikut hilang. Lalu periksa lagi, apakah goresannya masih ada atau sudah hilang.

 

 

Memperbaiki Gores pada lapisan dasar / Primer Scratch

Merce Iglesias
Jika goresan nya lebih dalam, artinya warna asli juga sudah terkelupas, bahkan mungkin yang nampak adalah metalnya, maka akan dibutuhkan cat dengan warna yang persis dengan warna mobil. Prosedurnya adalah memperbaiki cat dasarnya dulu, bisa dengan menggunakan kuas atau spray pada lapisan itu, lalu diamplas. Mungkin perlu mengulang proses ini sampai bekas goresannya tidak nampak.

Jangan tidak melakukan proses ini, tanpa cat dasar, cat bodi tidak bisa menempul dengan baik, atau bahkan bisa menyebabkan berkarat.

Langkah 1

chad hunt
Bersihkan panel dengan larutan untuk membersihkan minyak dan wax. Lakukan penambahan cat dasar pada bagian yang baret itu dengan hati-hati. Anda mungkin tidak bisa menghindari terjadinya cat yang mengenai cat yang aslinya, ini tidak masalah, tapi anda tetap harus hati-hati supaya catnya tidak banyak yang terbuang.

 

 

Langkah 2

chad hunt
Biarkan cat yang ditambahkan di langkah 1 mengering dengan baik, sedikitnya semalam. Selanjutnya, gunakan balok karet atau spon sebagai bantalan amplas, lakukan pengamplasan basah dengan kertas gosok nomor 600 atau pengamplasan kering dengan kertas gosok nomor 1000 sampai rata dan tidak ada bercak-bercak bekas cat di sekitar goresannya. Lakukan pelan-pelan saja, sambil anda bersihkan area gosokannya dan juga periksa hasil gosokannya.

 

 

Langkah 3

chad hunt
Gosok menggunakan kompon untuk mengembalikan kilap yang memudar di area yang sedang diperbaiki. Ini akan mempertahankan area yang digosok supaya lebih mendekati aslinya. 

 

 

 

Langkah 4

chad hunt
Selama perbaikan itu, bisa jadi ada bekas spot-spot yang tertinggal.  Tambahkan lagi catnya, sampai bagian yang baret itu terisi dan merata dengan bagian sekitarnya. Kompon yang terakhir, mungkin sudah bisa mengembalikan kilap seperti aslinya. Jangan di poles sampai selama 30 hari, supaya thinner-nya cat bisa benar-benar menguap habis. 

 

 

Menambahkan lapisan transparan

merce iglesias
Nah .. kalau sudah mengamplas nembus lapisan transparannya atau pada saat memperbaiki baret yang dalam, maka lapisan transparannya perlu ditambahkan lagi. Lapisan cat transparan ini bisa dibeli di banyak tempat, tapi jangan memilih yang 'clear enamel' karena biasanya malah tidak cocok. Pilih cat transparant yang memang diperuntukkan untuk cat kendaraan.
Berikut ini caranya aplikasinya supaya tidak berlepotan dan tidak menyebar ke bagian yang utuh.

 

 

 

chad hunt

Langkah 1

Bersihkan terlebih dahulu permukaannya dengan pembersih minyak dan wax. Lubangi kecil selembar kertas, ini untuk mencegah penyebaran spray. Area sekitar yang masih ori bisa ditutupi menggunakan koran dan selotip.

 

 

 Langkah 2

chad hunt
Pegang kertasnya dengan jarak beberapa sentimeter dari area yang akan disemprot, dan mulai lakukan spray tipis-tipis. Keringkan cat nya. Jika cat yang ada di kertas kelihatan menggumpal, itu artinya terlalu banyak menyemprotkan cat. Begitu juga kalau kelihatan seperti basah.
Setelah semprotan ini, biarkan cat nya mengering.


Langkah 3

Gosok hasil pengecatan yang sudah kering dengan menggunakan kertas gosok nomor 600 atau 1000, bisa basah bisa kering, pada seluruh bagian yang terkena cat baru. Langkah ini adalah penting untuk meratakan permukaan lapisan transparannya dengan lapisan aslinya, dan juga untuk mempertahankan area yang diperbaiki supaya tidak semakin melebar kalau anda mau menambahkan lagi lapisan cat-nya. Karena, perbaikan cat seperti ini, dimana proses komponnya bisa meninggalkan bekas seperti digosok halus, sehingga perlu pengulangan proses untuk menutupinya. Lakukan proses pengulangannya ini sedikitnya dua lapisan, dan lakukan dengan jarak 24 jam antara lapisan yang satu dan berikutnya.



Berikutnya ...
bagaimana kalau kita utak-atik interior supaya lebih nyaman apabila berkendara jarak jauh, atau dalam kemacetan. Sedikit resepnya bisa di-klik disini ..


Sumber :
Adopsi artikel Mike Allen dari www.popularmechanics.com
ExpressPaint.com | EZYTouchUp.com | Quixx-USA.com | NUfinish.com | Langka.com

No comments: