the hands free

Thursday, February 6, 2014

Android-ku... Low disk space !!!

Low disk space icon
Kalau di layar si Andro sudah tampil icon kayak gini, ini adalah pemberitahuan kalau scratch-disk si Andro sudah menipis. Dan biasanya diikuti dengan menurunnya kinerja gadget, mulai dari tidak beroperasinya beberapa program, sampai ke masalah sinkronisasi yang tak kunjung berhenti. Belum lagi messaging yang tiba-tiba jadi sepi ... alias ga ada pesan yang bisa masuk, termasuk email.

Hal seperti itu beberapa kali saya alami, apalagi gadget-ku ini keluaran awal-awalnya Smartfren Android, SmartfrenAndro HS-E910, yang system-nya masih menggunakan Android Gingerbread dengan processor yang gak sampe 1 giga dan RAM yang hanya 128 mega.
Tapi biarpun penggantinya sudah banyak dirilis, macem SMARTFREN Andromax V yang RAM-nya se-giga (koq jadi iklan angsuran hape ?!?!), saya rasa belum perlu untuk menggantinya, sepanjang system nya masih kompatibel dan masih bisa update status di media sosial.. :)

Dan lagi, gangguan low disk space yang seperti biasa terjadi itu juga bukan gangguan yang ga bisa diatasi, bahkan gampang dan mudah ...(apa bedanya??)... asal tahu caranya.

Tadinya, kalau si Andro kumat kayak begitu, yang bisa dilakukan adalah me-restart gadget. Tapi lama-kelamaan low disk space- nya ga ilang-ilang meskipun sudah di-restart, ataupun dengan membersihkan semua pesan yang masih tersimpan, termasuk membersihkan cache-memory internetnya. Dan baru bisa ilang dengan menghapus satu atau dua program yang terinstal.

Tapi dengan menghapus program-pun akhirnya masih bisa kambuhlagi ... sampai akhirnya hanya tersisa programnya Whatsapp saja. Itupun ternyata masih terjadi low disk space ... haddeuch !!!
Sebenernya, penyakit ini terjadi karena cache-memory sudah penuh. Dan lucunya, di googleplay telah tersedia program pembersih cache-memory, tapi bagaimana mau menginstall program 'pembersih' kalau email atau messaging aja ga bisa masuk.

Akhirnya ... dari beberapa bisikan asing yang masuk, saya lakukan prosedur 'pembersihan manual'. Cara membersihkan dengan meng-install program sebaiknya dipertimbangkan dulu sebelum menggunakannya, karena bagaimanapun juga cara itu berarti menambah program baru yang juga akan menggunakan sebagian cache-memory.

Beginilah cara membersihkan cache-memory secara manual ...(tapi ampuh) :

1. Klik menu Setting (akan tampil seperti begini), lalu pilih Applications. Atau langsung shortcut ke Manage Application (kalau tersedia menunya).

2. Kemudian layar akan berpindah ke Application Setting, dari layar ini, klik Manage application



3. Di layar Manage Application ini, dengan memilih opsi ALL, akan tersaji semua program yang saat ini sedang tersedia di gadget. Pada prinsipnya, semua program yang ter-install ini telah menggunakan sebagian cache-memory pada saat program dijalankan pertama kali. Dan sedikit demi sedikit akan bertambah, meskipun sangat kecil, jika programnya aktif digunakan. Disarankan untuk memulai pembersihan dengan memilih program yang sangat jarang digunakan, dilanjutkan ke program-program lainnya.
Sebagai contoh disini, saya klik program Whatsapp.

4. Layar akan berpindah ke Whatsapp application setting (seperti gambar), disitu mudah sekali ditemukan tombol clear-cache, klik saja tombol itu. Cache-memory kemudian kan bernilai 0.00 (nol), artinya sudah bersih. Lalu tekan tombol Back, untuk melanjutkan pembersihan ke program-program lainnya.

Begitulah caranya ... gampang khan ?? .. mudah-mudahan gadget nya sehat lagi dan siap digunakan sampai benar-benar menemukan pengganti yang cocok dan memuaskan.





Sumber : .... teman-teman se-padepok-an






No comments: