the hands free

Wednesday, June 11, 2014

Men-setting Internet Mobil : Stayying Connected



Pada 6 Januari 2014 silam, Google mengumumkan sebuah formasi yang dinamakan Open Automotive Alliance (OAA), yaitu sebuah aliansi global dari beberapa industri teknologi dan otomotif yang berkomitmen mengembangkan Android platform untuk alat transportasi, yang akan dimulai dari tahun 2014. Aliansi ini beranggotakan AUDI, General Motor, Google, Hyundai, Honda, dan NVidia.


CarPlay iOS7
Pada 3 Maret 2014, Apple mengumumkan sebuah system baru yang menghubungkan iPhone 5 ke sistem infotainment kendaraan, dengan menggunakan iOS 7 ke head unit kendaraan melalui konektor Lightning. Apple menamakan CarPlay untuk sistem mereka.

Secara general .. connected cars mulai diperkenalkan pada mobil-mobil produksi setelah 2010, dengan adanya head unit dengan layar sentuh, sebagai sarana pengoperasian yang mudah terlihat dan diatur oleh pengendara. Fungsi-fungsinya antara lain menyertakan music/audio/video player, aplikasi smartphone, navigasi, bantuan/informasi jalan raya, voice commands, aplikasi perparkiran, pengendalian mesin dan diagnostik kendaraan.

Di tahun 2013, Chevrolet dan SAP menyelenggarakan kontes 'connected cars' yang bertujuan untuk menghimpun ide dan gagasan-gagasan dari para pengguna kendaraan sehubungan dengan fungsi dan pemanfaatan sistem internet dalam berkendara.
Walhasil ... diluar dari urusan mesin, body, interior, dan sebagainya, di tahun 2015 mendatang, mobil-mobil akan sulit dipisahkan dari keberadaan smartphone/tablet. Pemilik kendaraan akan bisa mengaktifkan atau me-non-aktifkan kendaraan secara remote, memeriksa status bahan bakar dan kondisi kendaraan, memantau posisi kendaraan, atau bahkan mengaktifkan climate control system-nya dari jarak jauh.
Tidak sampai disitu saja, dengan men-setting program-programnya, mobil bisa memberitahukan jadwal perawatan dan sekaligus mengatur jadwal ke bengkel.

Hal ini sepertinya sesuatu yang masih jauh diluar jangkauan, padahal sebenarnya, fasilitas-fasilitas itu sebagiannya bisa diaplikasikan pada kendaraan yang anda miliki sekarang.

Berikut ini resep sederhana supaya bisa mencicipi teknologi "connected car" :

1. Sediakan smartphone android, atau tablet (conneted cars selalu membutuhkan device/gadget), sangat mungkin devise ini sudah anda miliki.

2. Sediakan holder smartphone / tablet di dalam kendaraan, Sunvisor Tablet Holder bisa menjadi pilihan yang aman dan nyaman untuk menempatkan smartphone atau tablet di dalam kabin. Harganya relatif murah, bisa diperoleh secara online atau di konter-konter aksesoris tablet, atau juga di bengkel-bengkel aksesoris mobil. (lihat cara pemasangannya)

Sunvisor Table Holder, adjustable dari layar 4" sampai 7"


3. Sediakan kabel charging yang cukup panjang, untuk menjaga daya baterai tetap tinggi dan bisa ditata rapi dalam kabin.


4. Sediakan kabel audio yang sesuai dan cukup panjang, agar bisa ditata rapi dan tidak mengganggu

5. Install CarHome Ultra pada Android Smartphone/tablet. Program ini adalah program yang dirancang khusus untuk penggunaan android device dalam berkendara. Dilengkapi dengan petunjuk kecepatan dan alarm jika kecepatan melebihi batas standar, penunjuk arah dan posisi, suhu lingkungan, dan yang paling penting adalah voice command.

6. Install Program Engine Diagnostic jika ingin mendapatkan semua kelebihan menggunakan gadget dalam berkendara


Install dan atur komponen-komponen tersebut sesuai dengan keinginan, dan ... siap dioperasikan.
Dengan konfigurasi ini, akan sangat mudah bagi anda mengakses informasi untuk navigasi, hiburan (buat penumpang), dan engine status secara terintegrasi.


NOTE :
Bijaksanalah menggunakan perlengkapan-perlengkapan yang mungkin bisa mengganggu konsentrasi mengemudi, karena akan sangat membahayakan bagi anda dan orang lain.

Sumber :
http://en.wikipedia.org/wiki/Connected_car
http://www.theverge.com/2014/1/6/5279116/google-open-automotive-alliance-android-car-announcement
https://ideas.sap.com/ConnectedCarContest2013
http://www.apple.com/ios/carplay/
https://play.google.com/store/apps/details?id=spinninghead.carhome
https://play.google.com/store/apps/details?id=org.prowl.torquefree

No comments: