the hands free

Saturday, November 15, 2014

Indikator Dashboard / Speedometer Paling Penting

Dari banyak indikator dan simbol-simbol yang terpampang di dashboard atau speedometer, tentunya tidak semua simbol akan membutuhkan perhatian yang paling serius. Hanya beberapa simbol penting yang benar-benar harus mendapat perhatian, selain indikator ketersediaan bahan bakar.

Brake Warning Indicator
Indikator peringatan rem seperti ini sering kita lihat saat handbrake sedang digunakan. Tapi jika indikator ini menyala padahal handbrake sudah dilepaskan, maka yang terbaik adalah segera menghentikan kendaraan dan segera menghubungi service center atau bengkel resmi terdekat, karena sistem pengereman kendaraan anda sedang bermasalah.  Masalah pengereman sama sekali bukan masalah yang bisa ditangguhkan apalagi diabaikan.
Keselamatan anda dan penumpangnya akan menjadi taruhan jika sistem pengereman mobil bermasalah.



Engine Coolant Indicator
Atau disebut juga Engine Coolant Temperature Warning. Dalam keadaan yang normal, lampu indikator ini harusnya tidak menyala. Jika lampu ini menyala, segera tepikan mobil anda dan matikan mesinnya. Jangan menunda, karena ini menandakan ketidak beresan sistem pendingin mesin mobil anda, dan bisa menyebabkan kerusakan yang parah jika dipaksakan. Tunggu beberapa saat sampai mesin mobil menjadi lebih rendah suhunya, membuka kap mesin juga bisa membantu mempercepat penurunan suhu.
Segera hubungi call center untuk mendapatkan bantuan teknis.

Engine Oli Level atau Oil Pressure Warning
Jika indikator ini menyala, itu memperingatkan kalau tekanan oli rendah. Artinya, anda harus memeriksa level oli mesin. Tambahkan oli kalau memang levelnya dibawah batas. Tapi bagaimana jika indikator ini menyala dan level oli masih normal ? Bawalah mobil anda ke bengkel resmi sesegera mungkin untuk dianalisa kemungkinan kerusakannya.

Charging System Warning
Indikator yang satu ini, menginformasikan adanya masalah serius pada sistem pengisian listrik. Dan tindakannya sama, segera tepikan mobil anda dan matikan mesinnya. Segera cari bantuan untuk menarik mobil anda ke bengkel. Dalam banyak kasus, kemungkinan aktifnya indikator ini disebabkan oleh dua hal, yang pertama adalah kerusakan baterai sehingga tidak bisa menyimpan listrik, dan yang kedua adalah kerusakan alternator sehingga tidak bisa mengalirkan listrik ke baterai. Jika anda paksakan mobil untuk terus berjalan dengan kondisi indikator ini menyala, bisa dipastikan mobil anda akan berhenti total dalam tempo yang tidak terlalu lama. Dan ini sangat berbahaya jika anda berada di tengah jalan.

Empat indikator itulah yang sangat penting untuk diperhatikan, selain indikator bahan bakar. Pastikan keempat indikator ini tidak menyala dengan memperhatikan perawatan dan pemeriksaan berkala.

- dz -

Sumber : http://answer.yahoo.com, http://www.carparts.com, http://www.drivingtesttips.biz


No comments: