the hands free

Friday, January 3, 2014

Menggunakan Sellular di Mobil

Di banyak negara, penggunaan perangkat-perangkat selular pada saat mengemudi adalah STRICTLY PROHIBITED .. sangat-sangat dilarang, aktifitas ini dipastikan akan mengganggu fokus dan konsentrasi pengemudi sehingga dianggap telah menjadi salah satu penyebab terjadinya kecelakaan-kecelakaan fatal di jalan raya.
 
Messaging yang berbahaya

UU No.22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Raya, pasal 283 Jo 106 (1), menetapkan denda sebesar Rp 750.000 bagi mereka yang menggunakan ponsel saat mengemudi di jalan. Di Inggris, anda akan didenda 1.000 poundsterling, plus dicabut SIM-nya kalau ketahuan menggunakan ponsel.



Denda $200 di California
Tapi ... apa bisa perangkat-perangkat selular ini kita lepaskan selama mengemudi ? ... terus terang saja, saya masih butuh berkomunikasi apalagi kalau mengemudi sendirian. Paling sedikit untuk merespon calling dari keluarga yang sedang menunggu di rumah.


Pikir punya pikir ... dengan sedikit trik, bisalah kita tetap menggunakan ponsel, dan mestinya masih diperbolehkan sepanjang interaksi dengan perangkat selular ini sangat minim .. yang penting gak tertangkap basah sedang pegang ponsel, apalagi tertangkap basah nulis message.  


Ilustrasi handsfree ... bukan contoh yang baik !!
Inilah Trik-nya ...

Gunakan holder,
atau apapun yang bisa "megang" perangkat selular selain tangan anda sendiri. Bukan berarti pakai kaki diperbolehkan lhoo...
Kenapa mesti pakai holder ?
Karena ini adalah cara yang terbaik untuk membebaskan tangan anda menggenggam ponsel.

Anda tidak akan ada masalah kalau anda ditemani orang lain pada saat mengemudi. Tapi jika sendirian saja, maka anda harus gunakan holder supaya ponsel anda bisa stand-by dengan baik dalam jangkauan monitoring anda.

Ada banyak model dan jenis holder yang bisa anda pilih, dan juga tersedia dalam berbagai macam ukuran yang tepat untuk ponsel anda. Bahkan juga tersedia holder yang bisa meng-cover ukuran layar dari 4" sampai 5.5".


Dashboard holder bikinan sendiri
Kemudian, bagaimana jika anda membutuhkan holder yang bisa meng-cover layar 4" sampai dengan 8" ? Sementara di pasaran belum menyediakan holder yang convertible ukurannya seperti itu ?


Saya terpaksa merancang sendiri holder yang ukurannya bisa convertible dari ukuran 4" sampai dengan 8". Holder seperti ini saya butuhkan untuk meng-cover kebutuhan penggunaan. Yaitu, bisa "megang" layar 4" ketika saya sedang sendirian, supaya bisa stand-by jika ada call dari rumah dan juga untuk navigasi. Selain itu juga supaya bisa "megang" layar 7" ketika saya sedang turing bersama keluarga. Layar 7" ini saya butuhkan untuk memantau informasi jalan sepanjang route turing, sekaligus memantau informasi lalu lintas online dari FB Suara Surabaya E100. Selain itu juga ... layar 7" ini akan berguna sebagai additional feature dari head unit standard untuk membuka google.maps dan muter movie supaya anak-anak tidak bosan di kabin jika perjalanan harus ditempuh lebih lama.

Layar 7" untuk memutar film dengan koneksi bluetooth audio

Gunakan alat bantu bicara/dengar tanpa kabel (wireless),
Supaya anda bisa menggunakan perangkat sellular anda dengan tetap berkonsentrasi pada aktifitas mengemudi, anda membutuhkan alat bantu dengar / bicara. Dan sejalan dengan perkembangan teknologi sellular, peralatan dengar / bicara saat ini sudah dibuat sedemikian rupa yang tidak lagi menggunakan kabel. Seperti misalnya perangkat bluetooth headset.


Syukur-syukur kalau di mobil anda sudah dilengkapi head unit dengan feature bluetooth, anda bisa melakukan voice dialing, berbicara melalui microphone yang rapi tersembunyi di dalam kabin, dan mendengar suara percakapan melalui speaker mobil. Dan itu bisa anda lakukan hanya dengan menekan 1 tombol fungsi nya saja.

Chevy Spin HU dengan feature Phone





Gunakan program bantu, 
Car Home Ultra terinstall pada android 7"
Jika anda menggunakan ponsel android, iphone, atau blackberry, ada baikknya anda install program bantu tambahan supaya memudahkan anda mengoperasikan perangkat sellular pada saat anda sedang berkendara, sehingga akan lebih aman, dan lebih nyaman. Salah satu dari program bantu itu adalah Car Home Ultra.

Car Home Ultra adalah program yang akan mengganti tampilan home screen anda dengan 6 menu shortcut per-halamannya. Shortcut-shortcut ini ditampilkan dengan ukuran yang besar dan mencolok, sehingga memudahkan anda dalam menombol ketika sedang berkendara. Shortcut-shorcut tersebut bisa customized sesuai dengan kebutuhan anda. Contoh pada tampilan tersebut adalah shortcut yang saya pilih untuk kebutuhan saya pada saat turing bersama keluarga.   

Selain merubah tampilan home screen, Car Home Ultra juga menambahkan beberapa informasi navigasi pada baris atas dan kolom kiri. Di baris atas, adalah informasi posisi anda dimana anda sedang berada, dan akan ter-update mengikuti mobilitas anda. Dan di kolom kiri, ada informasi kecepatan anda bergerak, arah anda menghadap, dan keadaan suhu diluar kendaraan di lokasi dimana anda berada. Tampilan di kolom kiri juga bisa customized dengan beberapa pilihan yang antara lain, attitude dimana anda berada, jam lokal, dan lain-lain.

Note : ketika menjalankan program ini, GPS setting dan Bluetooth akan otomatis ON sebagai default setting (customized).
 
Diluar itu semua, berhenti sesaat untuk melakukan atau menjawab panggilan telepon adalah yang paling bijaksana, karena belum ada undang-undang yang mengatur ber-ponsel di pinggir jalan .. :)

Lebih bijaksana memanggil / menjawab panggilan telepon


Dan kalau terpaksa harus nulis message, paling bagus adalah menepi untuk sesasat, karena itu akan lebih aman buat anda dan orang lain.

Menepikan kendaraan utk menulis text message

Keep Save on Driving !


Sumber : macworld.com - cnn.com - bellflower.org - fajar-sulawesi.blogspot.com - oto.co.id - digilib.its.ac.id - and many more ...

No comments: