Sedikit masalah yang belum ada solusi dalam operasionalnya, hanyalah soal bahan bakar diesel. Secara teknis dianjurkan menggunakan bahan bakar diesel non-subsidi, yang notabene hanya tersedia di spbu-spbu tertentu dan relatif sangat jarang. Sehingga memaksa saya menggunakan BioSolar yang tentu saja kualitas materialnya berada sedikit dibawah bahan bakar diesel non-subsidi.
Sebenarnya hal ini tidaklah terlalu masalah, Chevy Spin tetep akan sehat-sehat saja, cuman butuh perhatian lebih detail dan teratur dibanding kalau menggunakan bahan bakar diesel non-subsidi. KOmponen dalam fuel system yang harus mendapat perhatian, aalah satunya adalah filter bahan bakar.
Filter bahan bakar adalah komponen pertama yang bertugas memastikan bahan bakar dieselnya bersih dari partikel-partikel yang bisa menyebabkan penyumbatan pada nozzle injeksi bahan bakar. Jadi, prinsip kerja filter bahan bakar ini adalah menyaring partikel-partikel kotoran secara mekanis dari saluran input, dan menyalurkan bahan bakar yang bersih dari partikel di saluran out menuju ke mesin.
Harus diakui, kualitas bahan bakar bersubsidi tersebut dibawah kualitas bahan bakar non-subsidi, termasuk kandungan-kandungan yang bercampur didalamnya. Sehingga, kita perlu melakukan pemeliharaan berkala pada sistem filtrasi bahan bakarnya. Jadi, karena sudah mencapai 5.000an km, atau kira-kira sudah minum lebih dari 250 liter bahan bakar diesel bersubsidi, ada baiknya kita periksa filter bahan bakarnya.
Menemukan filter bahan bakar Chevy Spin Diesel
Filter bahan bakar Spin Diesel ditempatkan dibawah body, tepat dibawah kursi baris kedua disisi kanan, menempel pada tangki bahan-bakarnya. Bentuknya seperti tabung, berwarna hitam, dan menghadap ke bawah. Cukup mudah menemukannya.
Filter bahan bakar Chevy Spin Diesel |
Perlengkapan dan bahan
1. Kunci minus
2. Kunci pas, dianjurkan kunci shock, lebih bagus lagi dengan torque wrench
3. Wadah penampung bahan bakar
4. Deterjen cuci
5. Sikat
6. Selang dari kran air
Langkah membersihkan filter bahan bakar Spin Diesel
WARNING ! KUNCI KONTAK WAJIB DICABUT
Langkah 1 :
Lepaskan penyumbat dengan kunci "minus" (#1)
Langkah 2 :
Tampung bbm yang mengucur dari lubang*, didalam filter berisi bbm (kurang lebih 1ltr),
Langkah 3 :
Buka penutup filter (#2). Penutup filter terbuat dari bahan platik, gunakan kunci pas yang tepat agar tidak slip yang bisa mengakibatkan kerusakan pada hexagon penutup
1. Sumbat, 2. Hexagon penutup |
Langkah 4 :
Lepaskan filter dari dalam tabung filter
Langkah 5 :
Bersihkan filter menggunakan sabun cuci, dan sikat halus. Filter terbuat dari bahan kertas, jangan terlalu kuat menyikat.
Langkah 6 :
Keringkan filter nya sampe betul-betul kering, air bisa mencampuri bbm dan menurunkan kualitas bbm
Langkah 7 :
Pasang kembali filter nya
Langkah 8 :
Pasang kembali penutupnya, kencangkan dengan kunci sampai kekencangan 25Nm (menggunakan torque wrench)
Langkah 9 :
Pasang kembali penyumbat, kencangkan dengan kunci minus sampai kekencangan 2,5Nm (menggunakan torque wrench)
Langkah 10 :
Nyalakan mesin secara normal, idle-kan beberapa saat ( paling dikit 5 menit)
Selesai sudah ... aliran bahan bakar akan normal sampai dengan 5.000 kilometer berikutnya.
* bbm yang ditampung, TIDAK BOLEH di masukkan kembali kedalam tangki bbm, kemungkinan sudah terkontaminasi debu dan air. Simpan saja ditempat yang aman, supaya bisa dipakai untuk menyalakan arang kalo pas mau barbekiu ... hehehe
Sumber :
masilist CSI, subjek : filter solar, arahan Suhu CSI-015
No comments:
Post a Comment