the hands free

Tuesday, February 5, 2013

... biarlah hanya tissue toilet saja

P a p e r l e s s ...


Ditengah perkembangan peradaban yang sudah semakin praktis dan efisien ini, kenapa kita masih juga banyak menggunakan printer dan kertas untuk dokumentasi di kantor? Kenapa kita masih membutuhkan buku agenda yang kita bawa kesana-kemari karena kita telah mencatat banyak informasi dan notulen-notulen meeting di dalamnya? Padahal kita sudah menggenggam smartphone, lalu masih ada tablet atau laptop, dan juga PC workstation di kantor dan di rumah.

Coba bayangkan jika sebagian kecil dari aktifitas anda yang juga dilakukan oleh banyak orang itu dipindahkan dari media kertas ke media non kertas. Mungkin ada jutaan kubik kayu akan tetap berupa pohon, yang akan senantiasa memberi manfaat yang lebih besar buat kita dibanding menjadi kertas.

So, jika anda mempertimbangan untuk memindahkan media kertas ke media non kertas dalam aktifitas anda sehari-hari. Mungkin anda bisa menggunakan, misalnya, gadget anda sebagai tools untuk mengakses informasi-informasi yang anda butuhkan, ataupun merespon informasi-informasi tersebut dengan lebih cepat, akurat, dan ringkas.

Berikut ini adalah share pengalaman saya sebagai referensi yang bisa anda pertimbangkan jika anda ingin mencoba bebas kertas. Saya menggunakan smartphone android, sementara di workstation tersedia dua unit Acer, dirumah ada Intel workstation, ada juga Toshiba laptop, GalaxyTab, dan SmartfrenTab. Dua device yang terakhir sudah diambil alih anak-anak saya. Di semua media itu, saya install-kan program Evernote yang saya download secara gratis dari evernote.com. Anda juga bisa men-download evernote sepanjang device anda berbasis iOS, MacOS, Android, Blackberry OS, dan Windows.



Setelah terinstall, buatlah account anda untuk login. Anda bisa menggunakan username dan password yang sama untuk setiap media yang anda gunakan. Setelah selesai membuat account ... anda bisa langsung menggunakannya. FREE !!! (sampai dengan 2 gb). Cobalah anda buat sebuah catatan dari smartphone anda, press 'done' jika telah selesai. Ketika anda press 'done', maka media-media anda lainnya akan melakukan sinkronisasi. Dengan catatan, semua perangkat anda dalam keadaan terhubung ke internet, atau dia akan melakukan sinkronisasi pada saat programnya dibuka dan terhubung ke internet.

Karena ini adalah media elektronik, tentunya anda tidak hanya memiliki fasilitas untuk membuat catatan dengan tulisan saja, namun anda juga bisa sekaligus merangkai catatan anda dengan foto yang bisa anda capture pada saat membuat catatan, atau menempelkan file image yang tersimpan di local storage. Belum cukup hanya itu, anda juga bisa merekam suara pada catatan yang sedang anda buat. Ini sangat menguntungkan jika kesempatan anda menulis ke dalam catatan terlalu singkat.

Kadang kala, anak-anak saya meminta saya membantunya menerjemahkan bacaan-bacaannya yang berbahasa Inggris, mereka cukup memposting bacaannya di evernote dan mengirim message ke saya supaya saya alih bahasakan. Kemudian saya buka postingnya melalui smartphone, dan mulai menuliskan terjemahannya secara langsung dibawah catatannya tanpa berpindah file, sementara anak-anak juga bisa mengikuti proses yang saya lakukan dari device mereka. Dan proses itu bisa terjadi dimana posisi kami saling berjauhan.

Begitulah kira-kira manfaat yang bisa kita nikmati di saat ini. Dokumen tanpa kertas, hemat biaya, hemat energi, cepat, akurat, dan tanpa batas.

Namun jika gagasan ini masih membutuhkan banyak penyesuaian untuk diterapkan, anda bisa mencoba dengan memulai dari hal-hal yang lebih sederhana. Misalnya ... tidak lagi menggunakan kalender konvensional, tidak perlu mencetak email-email jika memang tidak dibutuhkan, atau membaca koran dari gadget. Itu saja sudah cukup menghemat pemakaian kertas dalam jumlah yang tidak sedikit.


Finally ... Welcome to Paperless World ... biarlah hanya tissue toilet saja yang tetap berbahan kertas ... bisa repot kalau diganti bahan lain... :D

No comments: