the hands free

Tuesday, December 24, 2013

Mengurangi Rasa Kantuk Saat Mengemudi


Saat mengemudi jarak jauh, apalagi di malam hari, sudah biasa kalau akan dihinggapi kantuk, terutama setelah beraktivitas seharian, dan kelelahan. Hal ini, tentunya, adalah keadaan yang membahayakan. Jadi, apa  yang sebaiknya dilakukan untuk tetap terjaga sambil mengemudi?



1. Penuhi keinginan "ngemil"

Penuhi keinginan anda untuk "ngemil" (ditandai dengan mulut terasa pahit), ini bisa dilakukan dengan meminum stamina/energy drink. Ini akan meningkatkan kewaspaan anda pada waktu yang cukup saat mengemudi. Bisa juga dengan kunyah-kunyak apple, jeruk, atau mungkin "nyesepin" jeruk lemon supaya mulut anda tidak terasa pahit. Kudapan-kudapan yang lebih beraroma akan lebih baik lagi menjaga kesadaran anda. Berhentilah sejenak sebelum anda memakan sesuatu, jangan membuka bungkus makanan menggunakan mulut sembari mengemudi, karena cara ini justru akan meningkatkan resiko kecelakaan.

2. Makan pelan-pelan saja

Kalau anda membawa sedikit snack, kacang misalnya, makanlah pelan-pelan ...sebiji-demi sebiji. Atau gigit kecil-kecil saja jika makan emping mlinjo, supaya awet gak cepet habis. Kesibukan ini akan menjaga anda tetap terbangun.

3. Minum sruput-sruput

Meminum kopi memang efekti membantu tetap terjaga, itu karena kandungan kafein-nya, dan sebaiknya tidak diminum langsung habis, disruput dikit-dikit akan memberi kesibukan buat anda sehingga anda tetap terjaga.

4. Sering mampir toilet / kamar kecil

Jangan tunda-tunda jika ingin ke kamar kecil, jika perlu rencanakan di titik-titik mana anda akan berhenti untuk mampir ke kamar kecil. Merencanakan berhenti dari point to point ini akan menyibukkan pikiran anda karena menghitung interval jarak, dan ini akan membantu anda tetap terjaga.

5. Hindari gula. 

Gula menyebabkan beberapa reaksi dalam tubuh anda yang mana akan menyebabkan kantuk dan pengaburan pikiran beberapa sat setelahnya. Semakin cepat gula larut ke dalam tubuh, semakin kuat efek yang ditimbulkannya. 

6. Nyalakan lampu interior. 

Suasana yang gelap akan menyebabkan tubuh memproduksi melatonin, hormon yang menyebabkan kantuk, lebih cepat dari pada kelelahan. Berilah penerangan, sebelum anda merasa lelah jika memungkinkan, karena, begitu tubuh anda memproduksi melatonin, maka akan sulit untuk kembali sadar sepenuhnya tanpa tidur minimal 15 menit.

7. Kunyah permen karet.
 

Mengunyah permen karet akan membuat mulut anda sibuk sehingga anda tidak akan menguap. Pastikan mulut anda sibuk mengunyah meskipun sudah bosan.

8. Basahi wajah dan leher.

Membasahi wajah dan leher anda dengan mengusapkan tissue basah, akan menyegarkan anda. (sopir truk dan sopir MPU mengalungkan handuk kecil di lehernya ... hehehe) 

9. Dengerin lagu yang gak disuka.

Semakin anda menemukan lagu yang gak jelas, semakin akan mengeliminasi rasa kantuk. Putar radio ke stasiun yang asing bagi anda, dan buka volume audio anda lebih keras, ini akan sangat membantu anda menghilangkan kantuk. 

10. Ngobrol atau Bernyanyi. 

Ngobrol atau berdiskusi dengan penumpang lain, atau via ponsel (harus dengan hansfree atau via bluetooth head unit). Hindari ngobrol dgn ponsel jika tidak bebas mengemudi. Selain itu anda bisa bernyanyi sendiri bersama dengan suara di radio.

11. Buka kaca jendela. 

Hembusan angin dari luar yang menerpa wajah bisa menyegarkan anda dan mengurangi rasa kantuk. Dan sekaligus juga merefresh udara kabin dengan udara luar. Perhatikan keadaan udara diluar sebelum membuka jendela, jika sangat berair atau berpolusi, sebaiknya anda tunda saja.

12. Goyangkan kepala ke samping kanan dan kiri, dan tarik nafas panjang. 

Lakukan hal itu beberapa kali secara berkala, hal ini akan membuat anda dalam keadaan tetap terjaga untuk duapuluh menit kedepan. 

TIPS :

  • Jangan gunakan cruise control. Yang harus anda lakukan adalah menjaga tubuh anda tetap punya kesibukan.
  • Jika anda merencanakan perjalanan panjang, pastikan anda sudah cukup beristirahat sebelumnya supaya keadaan anda cukup fit dalam mengemudi.
  • Bergantian mengemudi jika memungkinkan, dan manfaatkan untuk tidur sejenak sementara digantikan.
  • Jika mengemudi sendiri, menepilah dan tidurlah sejenak. Pastikan anda menepi di tempat yang aman.
  • Usahakan tidak mengemudi sendirian jika menempuh jarak jauh, sehingga anda punya teman untuk diajak bicara.
  • Jika memang harus mengemudi sendirian dengan jarak yang jauh, usahakanlah berhenti beberapa saat untuk merentangkan badan untuk mensirkulasikan darah anda.
  • Kadang, anda sudah benar-benar tidak bisa menahan kantuk, ini artinya tubuh anda benar-benar lelah. Jadi ...
    • Menepilah di tempat yang aman, dan set alarm di ponsel anda untuk 15 menit. Matikan lampu, radio, dan tutup mata anda. Tidak perlu harus benar-benar tertidur meskipun itu lebih baik.
    • Yang paling penting adalah jangan pernah beristirahat lebih dari 15 menit, karena anda akan tertidur nyenyak. Kalau sudah begitu, tubuh anda harus sepenuhnya memenuhi siklus tidur untuk kembali siap mengemudi.
    • Setelah 15 menit menutup mata ini, tubuh anda akan lebih fresh dan anda siap untuk mengemudi 2 jam kedepan.
  • Mainkan musik yang energik, hindari musik-musik yang rileks karena akan membuat tubuh anda semakin butuh beristirahat.
JIka kantuk sudah sangat ekstrim menyerang dan anda masih jauh dari tempat aman untuk menepi, cobalah buat ikatan beberapa helai rambut anda keatas, bisa ke pegangan tangan, dijepit jendela, atau sunroof, sehingga akan ada yang menjambak rambut anda kalau anda tertidur.
Sumber : wikihow.com


_________________
Set your mobile device on the right and safest place with a smart holder ... all your communication, information, and entertainment are now on your reach.


Send e-mail to andrian1208@gmail.com for detail information and purchasing

No comments: