the hands free

Sunday, January 20, 2013

SBI (Sekolah Berbasis Internet)

Ada yang pro dan anda yang kontra dengan dihapuskannya SBI (Sekolah Berstandar Internasional). Meskipun pada prinsipnya saya juga bertanya-tanya ke-internasional-an SBI ini sebenarnya dalam hal apa. Anyway, bagaimanapun juga keputusan pemerintah tersebut sudah melalui proses panjang yang di-support oleh para pakar. Dan bagaimanapun juga, penghapusan SBI/RSBI ini meninggalkan hikmah yang positif.

Salah satu hikmah yang menurut saya positif adalah keinginan sebagian masyarakat untuk membuka wawasan pendidikan kita supaya bisa lebih berkualitas sejajar dengan pendidikan terutama di negara-negara yang pendidikannya lebih maju.

Saya, sebagai salah satu anggota masyarakat dan sebagai wali murid yang juga ingin agar ada peningkatan kualitas dalam dunia pendidikan, nggak ada salahnya jika saya mengadopsi istilah SBI juga untuk mencoba membuka link Sekolah Berbasis Internet (SBI). Anggap sajalah upaya ini sebagai incip-incip bagaimana rasanya belajar online dengan metode-metode belajar sebagaimana diterapkan di negara-negara yang sudah lebih maju pendidikannya.


SBI yang saya buat ini sama sekali bukan lembaga formal yang resmi diakui, hal itu mungkin masih sangat jauh untuk dilakukan namun saya rasa kemungkinan itu bisa saja dilakukan jika sarana ini memang layak dan sejalan dengan semangat "mencerdaskan kehidupan bangsa".

Untuk menjalankan misi ini, saya menggunakan fasilitas website edmodo.com. Web site ini berplatform  social network seperti facebook, dimana formatnya sudah sedemikian populer dan mudah dioperasikan oleh berbagai kalangan usia. Dan juga bisa diakses melalui android mobile devices ataupun ipad.

Layaknya sebuah sekolah, dalam edmodo.com menghubungkan guru, murid, dan orang tua, dimana guru bisa memberikan materi pelajaran dan ulangan-ulangan yang bisa diprogram sesuai jadwal, berikut merangkum nilainya secara otomatis, bahkan bisa langsung dilihat oleh orang tua siswa. Sistem disinipun memungkinkan untuk dibuat pengelompokan berdasarkan kelas-kelas atau mata pelajaran.

Selain itu, kapasitas kelas tidak dibatasi, dan dimanapun siswanya juga bukan masalah. Kelebihan lainnya, para guru bisa "meminjam" materi dari sekolah-sekolah lain di seluruh dunia, Jadi kita bisa beneran ngincip sekolah luar negeri. 

Buat sekedar mencoba, silahkan ikuti petunjuk registrasi menjadi siswa PlanetQ English berikut ini :
1. open "browser"
2. masukkan "www.edmodo.com", lihat login window seperti dibawah ini, klik "I'm a Student"


3. menu akan berganti seperti dibawah ini, masukkan "group code" crjvdz, dan lanjutkan ke pengisian kolom-kolom berikutnya. Dan centang "persetujuan penggunaan"nya. Lalu klik "Sign-Up"



4. Sekarang anda berada di kelas PlanetQ English Elementary. Selamat mencoba ...

(dzul)