the hands free

Friday, December 5, 2014

AC Mobil tetap COOL (Maintenance Tips)

Bagaimana memastikan AC mobil kita bisa awet dan selalu nyaman ?

Supaya AC mobil tetap normal, itu berarti harus dijaga kondisi refrigerant-nya supaya tetap bekerja bagus.
Kebocoran kecil pada sistem AC kendaraan, akan menyebabkan refrigerant-nya melemah dan mesinnya tidak bisa mendinginkan udara dengan baik.
Maka sangat direkomendasikan supaya anda memeriksa sistem AC kendaraan anda secara teratur.

Beberapa hal yang kasat mata yang berhubungan dengan melemahnya sistem pendinginan kendaraan adalah :
  1. Ketegangan sabuk penggerak
  2. Block aliran udara yang melalui kondensor dan radiator
  3. Tanda-tanda yang nampak pada sistem refrigerant, seperti bercak olie pada selang, pipa-pipa atau sambungan-sambungan.
  4. Kendurnya bracket-bracket yang menyanggah kedudukan kompresor
  5. Hilangnya penutup pada lubang saluran untuk servis
Segala sesuatu yang terlihat inspeksi secara visual tersebut, membutuhkan servis AC secara menyeluruh. Dan hanya bisa dilakukan oleh mekanik-mekanik AC yang memang sudah ahli menservis kejadian seperti itu.

Menjaga AC mobil tetap nyaman



Menjalankan AC mobil sekali seminggu selama 10 menit akan memaintain tekanan gas. Ini untuk mencegah pengerasan selang-selang dan kerusakan pada seal-seal kompresor. Nyalakan AC pada setting yang paling dingin dan kecepatan fan maksimal. Jalankan mode 'defrost' selama lima sampai 10 menit untuk membersihkan embun yang terakumulasi. Ini akan mencegah jamur dan menghilangkan aroma seperti lap basah yang kotor dari dalam sistem AC.

Perlu diingat bahwa sistem AC pada mobil tidak hanya berfungsi untuk mengatur suhu kabin tetapi berfungsi juga untuk menghilangkan kelempaban dari kabin mobil. Jadi, adalah hal yang baik untuk tetap menggunakan AC pada cuaca dingin sekaligus untuk mencegah pengembunan pada kaca depan yang mungkin juga bisa mengganggu pandangan.

Dengan tetap membiarkan jendela-jendela mobil tertutup, meskipun di hari yang panas, maka aerodinamika mobil akan tetap terjaga pada keadaan maksimumnya, ini juga akan menjaga optimalnya konsumsi bahan bakar sekaligus juga menghambat noise yang ditimbulkan dari luar kendaraan, yang pada akhirnya juga akan lebih meningkatkan keselamatan pengemudi dan penumpangnya.

Anda mungkin tidak menyadari bahwa 10% dari gas air-con "menyerap" dari sistem air-con mobil setiap tahunnya, yang berarti bahwa air-con mobil tidak bekerja sebagaimana mestinya. Itulah sebabnya mengapa pabrik-pabrik mobil merekomendasikan untuk melakukan pengisian ulang ga dan pelumasnya setiap dua tahun sekali.

Adalah hal yang bagus untuk dilakukan jika setiap dua tahun sekali anda men-serviskan AC mobil anda. Servis ini bisa anda lakukan pada saat-saat menjelang musim panas, ini untuk memastikan AC anda tidak mengalami terjebak masalah pada saat musim panas berlangsung dan membuat anda terhindar dari masalah kerusakan kompresor.

Sistem air-con mobil yang jarang dirawat sehingga bekerja dengan olie dan gas yang minim, akan menurunkan daya kerja kapasitas kompresor, yang akan berimbas pada naiknya konsumsi bahan bakar.

Menjaga AC mobil tetap sehat digunakan

Sistem AC dalam mobil, bisa menjadi tempat berkembang biaknya bakteri dan jamur yang berbahaya, hal ini adalah sangat penting untuk diperhatikan bagi penderita asma dan alergi tertentu. Untuk mencegah hal tersebut, maka treatment juga perlu dilakukan pada evaporator dan juga filter kabin, serta keseluruhan komponen AC di kabin, memberantas mickoorganismenya dan membuat AC mobil anda beraroma segar.



Hal-hal yang harus diperhatikan pada saat menservis AC

  1. Memeriksa tekanan baik pada saat diam atau pada saat dioperasikan
  2. Mengukur perubahan temperatur di dalam mobil
  3. Memeriksa belt kompresor AC dari kerusakan atau aus
  4. Memeriksa komponen-komponen dari kebocoran dan kerusakan
  5. Melakukan test kevakuman sistem AC mobil
  6. Membersihkan bilah sirip-sirip kompresor
  7. Memeriksa aroma yang tidak sedap yang mungkin ditimbulkan oleh sistem AC
  8. Mengukur jumlah gas dan mengganti olie-nya


- dz -

sumber :
http://www.keepincool.com.au/

No comments: