the hands free

Wednesday, December 10, 2014

Android and My Car

Android, menurut data yang dilansir oleh computerweekly.com, merupakan operating system (OS) smartphone dan tablet paling banyak digunakan diseluruh dunia, diawal tahun 2014 saja sudah digunakan oleh 1 milyar pengguna. Salah satu keunggulannya adalah fleksibilitas dan kemudahan bagi user untuk melakukan customizing yang tepat sesuai dengan kebutuhannya, atau dengan aktifitas yang disukainya.
Salah satu customizing yang bisa dilakukan oleh pengguna android adalah pemanfaatan sebagai sistem informasi dalam berkendara.

Dari pengalaman saya menggunakan android on board, ada banyak manfaat android yang membantu dan memudahkan saya dalam berkendara. Berikut ini adalah beberapa aplikasi android yang menurut saya minimal wajib ada untuk menemani berkendara sebagai "mobile information system" :



1. CarHome Ultra
CarHome Ultra on board
CarHome Ultra, adalah sebuah aplikasi android yang disiapkan untuk mengubah tampilan dan menu HOME gadget android kita menjadi lebih spesifik sebagai HOME yang nyaman dan ergonomis untuk digunakan pada saat berkendara atau mengemudi. CarHome Ultra mengalihkan tampilan HOME standard menjadi shortcut-shortcut yang menyajikan icon-icon aplikasi yang kita pilih sendiri berdasarkan tingkat kepentingannya. Tampilan icon-icon atau shortcut-nya pun dibuat dengan ukuran lebar sehingga memperkecil kemungkinannya salah pencet sekalipun dalam keadaan berkendara. Ada 6 shortcut yang ditampilkan pada setiap layer, ini mirip dengan penampilan shorcut pada head unit berlayar sentuh. Shortcut-shortcut pada layer pertama ini misalnya bisa kita pilih voice dialing, voice searching, waze gps, radio online, music player, dan engine monitor.
Added feature ketika menggunakan CarHome Ultra adalah ditampilkannya posisi dimana kita berada pada, kecepatan bergerak, arah mobil, dan suhu lingkungan. Data-data tersebut ditampilkan secara real-time, dan bisa dicustomize sesuai dengan kebutuhan.

2. Waze
Waze on board
Ketika menempuh suatu perjalanan, seringkali kita membutuhkan adanya paduan-panduan situasi dan kondisi jalan. Aplikasi Waze, yang bisa diunduh secara gratis dari google play, bisa menjadi pilihan yang bagus. Selain berperan sebagai navigasi, waze juga menyediakan fasilitas dimana kita bisa berbagi informasi kondisi lalu-lintas dengan pengguna waze yang lain. Dengan adanya fasilitas 'berbagi' ini, secara otomatis kita juga bisa mendapatkan info kondisi lalu-lintas dari pengguna Waze yang lain. Informasi-informasi lalu-lintas yang kita tayangkan atau yang ditayangkan orang lain, akan ditampilkan dalam bentuk icon dan grafis pada layar waze kita secara 'real-time'.
Kelebihan lain dari Waze ini adalah terhubung dengan facebook, sehingga bisa melihat siapa saja friend kita yang sedang berada di jalanan atau bahkan posisinya sedang dekat dengan posisi kita.
Jadi dengan adanya informasi-informasi situasi dan kondisi jalan yang sedang terjadi, maka kita sudah siap mengantisipasinya, misalnya dengan mencari jalur alternatif, atau mungkin mempersiapkan bekal jika memang harus bersabar dalam antrian panjang.

3. Torque Pro
Torque Pro on board
Sesekali, apabila kita sedang dalam perjalanan jarak jauh, ada baiknya kalau kita sempatkan memeriksa kondisi mobil kita. Kini, memeriksa kondisi mesin mobil bukan lagi hal yang sulit untuk dilakukan, karena mobil-mobil masa kini sudah dilengkapi dengan computer on board yang menggunakan sistem OBD II, sehingga memungkinkan bagi kita untuk melakukan engine monitoring hanya dengan melihat indikator-indikator pada layar gadget. Kita tidak lagi perlu berhenti menepikan mobil dan membuka kap mesin.
Salah satu aplikasi android yang sesuai untuk kebutuhan ini adalah Torque-Pro. Ini adalah aplikasi yang menyediakan pembacaan sensor-sensor yang terpasang di kendaraan. Seperti misalnya, membaca data suhu mesin pada saat macet panjang, tingkat kevakuman, konsumsi bahan bakar, tegangan batere, dan lain sebagainya. Kita bisa menentukan sendiri indikator-indikator yang tampil sesuai dengan kebutuhan.

Sementara itu ... messaging, membuat atau membaca pesan, seperti SMS, chatting, dan email sebaiknya kita hindari selama berkendara, karena secara kondisional tidak memungkinkan dan terlalu membahayakan. Tapi kalau memang ingin meng-update status sosmed, sebaiknya menepi terlebih dahulu, atau minta bantuan 'navigator' saja.

Terakhir, setelah semua aplikasi terinstal dan siap digunakan, kita harus pikirkan juga bagaimana menempatkan gadget supaya kita bisa leluasa memonitor informasi-informasinya. Ada banyak jenis, dan model supporting device yang bisa kita pilih dan paling cocok seperti yang kita butuhkan.
Untuk kebutuhan ini, saya menggunakan sunvisor tablet holder. Holder jenis ini saya pilih karena fleksible untuk digunakan sebagai holder smartphone dengan layar 4 inch, sampai dengan tablet berukuran layar 7 inch. Selain ukurannya bisa fleksibel, menempatkan gadget pada sunvisor ini juga menghindarkan gadget terhadap paparan sinar matahari dari arah depan, dan tidak mengganggu pandangan ke area depan 'hidung' mobil.





- drive save ; dz -

1 comment:

Unknown said...

Wah Om Dzul ini identik sekali dengan ane;
1. Mobil Chevy spin
2. Pake tablet di sunvisor mobil
3. Pake aplikasi android Car Home Ultra
4. Pake aplikasi android Waze
5. Pake aplikasi android TorquePro w/ OBD2

Kaya nya anggota CSI juga, salam tet-tot dari CSI#1415 (Antengers)
Boleh dong kirim contact nya ke asadarma@gmail.com
Buat sharing-sharing om......