the hands free

Monday, December 15, 2014

Memperbaiki goresan / baret di bemper mobil

Biarpun sudah ati-ati nyetir di jalanan yang padat, tetep saja sulit menghindar kalo kita yang malah di seruduk. Seperti pas saya jalan tempo hari di area yang kebetulan sedang padat kendaraan, serobat-serobotnya kendaraan memang bisa diwaspadai, cuman kalo pas ada motor di posisi kiri depan nge-rem mendadak, jadi sulit buat kita menghindari totolan, apalagi lampu rem-nya tidak kelihatan dari posisi kita. Walhasil ... babras (baret) bemper-ku ...

Beruntungnya ... (selalu beruntung), fog light masih sehat wal afiat karena memang tertanam agak dalam, sehingga terhindar dari benturan. Jadi, yang perlu kita beresin hanya masalah babras (baret) ini saja.

Sebelum bertindak lebih jauh menangani baret-baretan ini, coba kita identifikasi dulu kondisinya ;

  1. Goresan yang agak dalam, terasa ada bagian yang tidak rata kalau diraba dengan jari. Goresan warna hitam-nya kemungkinan adalah warna yang tertinggal.
  2. Goresan yang membekas di permukaan, ini bisa dirasakan seperti kotoran yang menempel dipermukaan kalau diraba dengan jari. Kemungkinannya, ini adalah bagian cat yang tertinggal.
  3. Goresan-goresan tipis, kemungkinannya sama dengan goresan nomor 2. 
Karena tidak terlihat ada warna body yang terkelupas, jadi kita akan bersihkan saja bekas-bekas 'gesekan' ini dengan karet penghapus.
Ini sama sekali bukan karet penghapus istimewa yang mahal harganya. Karet penghapus yang saya gunakan ini saya ambil dari kotak pensil-nya anak-anak. Biarpun begitu, akan lebih baik dan lebih aman kalau menggunakan karet penghapus yang berkualitas bagus, karena lebih sedikit mengadung unsur-unsur yang abrasive.
Sebelum memulai menggosok, saya sarankan dicuci terlebih dahulu dengan air sabun, ini untuk melarutkan unsur-unsur minyak dipermukaan cat. Unsur-unsur minyak ini biasanya yang menjadi salah satu penyebab kusamnya warna cat.

Membersihkan baret nomor 1

Membersihkan baret nomor 2

Membersihkan baret nomor 3
Setelah selesai menghapus, dan tidak terlihat lagi warna lain selain warna mobil, cuci kembali bemper yang sudah dibersihkan baret-baret-nya. Ini perlu dilakukan untuk memperhalus bekas-bekas gesekan karet penghapus.

Selesai sudah membersihkan baretnya ..    # Oiya, karet penghapusnya belum saya balikin ... :)


-dz-


1 comment:

Nyonya Vievie said...

Agar bumper mobil anda tidak cepet rusak, sebaiknya simak beberapa langkah mudah untuk merawat bumper mobil berikut ini.