the hands free

Tuesday, January 21, 2014

Foto Narsis Yang Eksis Dengan Kamera Hape

Biar kata kita ini amatiran, mana modal cuman kamera hape, apa salahnya kalau kita bisa motret yang rada gaya dikit. Ga harus pake hape yang papan atas, pake yang harganya ga sampe sejuta macam ACER Liquid Z120, SAMSUNG Galaxy Star, atau hape yang 500 ribuan macam MITO A100 ga masalah.

So, inilah tips sederhana yang paling dasar dan paling mudah untuk menampilkan foto-foto narsis yang mantab.

Pertama, ketahui dulu apa yang nomer satu membuat foto narsis mu jadi ga mantab ?
Itu karena cara nembak nya yang meleset, meskipun sasaran tembaknya sudah persis ditengah frame. 

ga malu-malu njepret pake hape
Jadi mesti apanya yang paling penting diperhatiin ?
Yang pasti cara nembaknya yang harus diperhatiin supaya ga meleset. Jadi bukan kameranya yang disalahin, bukan juga obyek fotonya yang salah, bukan juga kurang cahayanya, bukan juga bajunya, bukan juga yang lain-lain.


Cara nembak yang menurut saya bisa dapetin yang narsis abis ada 3.
Coba perhatiin berikut ini ;
1. menembak dengan kamera agak menunduk
2. menembak dengan kamena tegak lurus dengan lantai
foto amel
3. menembak dengan kamera agak mendongak

Kamera dengan posisi menunduk, akan menghasilkan gambar yang besar di bagian atas obyek, dan mengecil di bagian bawah obyek. Orang yang dijepret dengan posisi kamera menunduk seperti di-illustrasikan di foto Amel ini memperlihatkan hasil gambar yang beda dgn yang dibayangkan, itu pasti, karena proporsi kepala jadi lebih besar (dekat ke lensa) dan kakinya jadi lebih kecil (jauh dari lensa).

Kalau menembaknya dengan sedikit menunduk, jelas hasilnya akan ga bagus, beda jauh dari harapan. Maunya keliatan normal tapi jadinya ga normal. Biasanya, yang begitu itu disebabkan karena fotonya diambil dgn posisi berdiri dan jarak tembak kurang dari 3 meter, dan kebetulan yang nembak hampir sama tingginya dengan obyek (sama berdiri pula).
foto dari devianart

Tapi kalau memang ingin lebih gaya dan lebih narsis, padahal jarak tembaknya pendek, menembaklah dengan kamera menunduk yang ga nanggung-nangung. Sekalian saja naik ke atas meja atau paling sedikit naik ke atas kursi, dan menembaklah dengan jarak dekat. Lihat foto dari devianart. Posisi yang ekstrim seperti begini malah bisa dapetin foto narsis yang 'lebih dari biasa' ...

Posisi kamera menunduk kayak gini ini biasanya akan makin bagus kalo obyeknya lebay total ...ha ha ha

Kamera dengan posisi mendatar, atau tegak lurus terhadap lantai, akan menghasilkan gambar yang proporsional-nya lebih mendekati aktual. Ini adalah posisi yang paling tepat untuk mendapatkan gambar yang seindah aslinya, maksudnya ... bagusnya foto akan sama dengan bagusnya mata memandang. Jadi kalau dengan posisi tegak (mata lurus ke depan) anda melihat obyeknya bagus, maka anda bisa menangkap yang sama bagusnya asal dengan posisi kamera juga sama tegaknya seperti anda memandang.
foto daraprayoga

Coba perhatikan foto daraproyoga ini. Jepretan kamera dengan posisi tegak mendatar seperti ini sangat tepat untuk pengambilan gambar yang bisa dilakukan dengan cepat tapi tetep bagus. Cara nembak seperti ini juga akan bagus kalau harus memotret produk, misalnya memotret mobil yang mau ditawarkan via internet.


Kamera dengan posisi mendongak, juga salah satu trik untuk mendapatkan gambar yang lebih dari sekedar gambar biasa. Posisi kamera mendongak akan menghasilkan gambar dengan sudut ekstrim yang tidak seperti gambar biasa. Gambar yang diambil dengan sudut seperti ini akan kelihatan lebih unik dan lebih exited. Kenapa bisa begitu ? Itu disebabkan karena memandang dengan posisi seperti itu jarang-jarang kita lakukan, sehingga menjadi sesuatu yang baru dan menyegarkan mata, seperti foto ayacomel berikut ini.

foto ayacomel
 
Kesimpulan :

  1. Kalau dibutuhkan menembak cepat, nembak sajalah dengan posisi kamera tegak, jangan malu-malu dibilang lebay kalau mesti nunduk, jongkok, tengadah,...dan lain-lain
  2. Kalau ada waktu lebih banyak, cobalah nembak dari sudut ekstrim. Dari sudut atas dulu, bisa dengan cara naik tangga lipat, baru kemudian nembak dari sudut bawah, kalau perlu tiarap.
  3. Jangan pelit nembak, ini sdh bukan jamannya kamera pake pilem. Kalau perlu, ganti memory hape-nya pake yang gedean kayak SANDISK Micro SD 8GB supaya bisa nyimpen lebih banyak file photo. Ntar tinggal milih yang paling bagus.
So ... ga masalah kalaupun mau gaya pake kamera hape, yang penting nembaknya ga meleset. Cobain dee ???

Ntar saya sambung dasar yang kedua, gimana ngatur obyek supaya jadi lebih seger diliat. Sekalian gimana caranya nambahin aksesoris kabin supaya bisa manfaatin waktu pas jalanan macet, buat ngap-det media sosial, resepnya bisa klik disini.



..... to be continued !

 



 
Sumber-sumber :
tekno.kompas.com - belfot.com - ameliasyaninditadewi.blogspot.com - ayacomel.wordpress.com - daraprayoga.com - deviantart.com


No comments: